History
Company Profile
Company Misson
Top Management
Our Policy
 

Our Policy

* KEBIJAKAN MUTU
Kami, PT PAKARTI RIKEN INDONESIA mendayagunakan seluruh kemampuan organisasi untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan secara nyata melalui teknologi, pelayanan dan produk yang berkualitas dan terus menerus meningkatkannya serta bermanfaat bagi masyarakat.

* KEBIJAKAN LINGKUNGAN
Kami, Manajemen serta seluruh jajaran organisasi PT PAKARTI RIKEN INDONESIA, menyadari pemeliharaan lingkungan bumi
 merupakan masalah penting dalam melestarikan umat manusia dan alam sekitarnya.
Untuk merealisasikan kebijakan diatas, PT PAKARTI RIKEN INDONESIA akan melaksanakan tindakan sebagai berikut.

1. Ketaatan Pada Perundangan Dan Peraturan Yang Berlaku

Tekad pada ketaatan peraturan dan perundangan pemeliharaan lingkungan yang berlaku, dan menyadari akan dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan akibat kegiatan produksi yang terjadi, serta melakukan tindakan penanganan dan perbaikan yang berkesinambungan secara nyata dan seimbang pada dampak lingkungan yang ditimbulkan.

2. Pemeliharaan Lingkungan Bumi

Pemeliharaan lingkungan bumi secara global dengan memperkirakan dan melakukan penilaian dampak lingkungan pada seluruh tahapan dalam pengembangan produk, design dan produksi yang dihasilkan.

3. Mempromosikan Hemat Energy Dan Pengurangan Limbah

Pengembangan terhadap equipment, design dan operasional di perusahaan, dengan senantiasa menyadari pada kebutuhan harmonisasi lingkungan dan melaksanakan tindakan secara efektif untuk mengurangi barang limbah, penggunaan energi, sumber daya dan terjadinya polusi.

4. Perbaikan Pemeliharaan Lingkungan Secara Berkesinambungan 

Merencanakan pemeliharaan dan perbaikan lingkungan secara terus menerus dengan cara menetapkan dan menerapkan tujuan dan sasaran lingkungan, memantau realisasi pengolahan lingkungan dan mereview kebijakan lingkungan setahun sekali.

5. Kontribusi Pada Masyarakat Sekitar

Sebagai masyarakat industri yang baik, secara giat dan aktif menunjang dan bekerja sama secara positif untuk melindungi lingkungan yang harmonis.

6. Pemberitahuan Resmi Kebijakan Lingkungan

Sosialisasi secara resmi kebijakan lingkungan pada seluruh jajaran organisasi dan pemberitahuan pada pihak yang terkait diluar perusahaan.

* STANDAR ETIKA PT. PAKARTI RIKEN INDONESIA

Prakata

Tujuan utama perusahaan selain untuk menyediakan produk dengan kualitas tinggi, juga berusaha untuk menghilangkan tindakan penyalahgunaan atau kecurangan dan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) dari kegiatan operasional sehari-hari, berkontribusi untuk membuat lingkungan yang aman dan bersih, serta menjadi perusahaan terbuka yang mempunyai transparansi tinggi.

Semua Direktur dan karyawan di perusahaan sebagai bagian dari perusahaan, harus memahami tugas terpentingnya yaitu berusaha untuk mencegah terjadinya skandal, penutupan/penyembunyian claim dan lain-lain, menghormati dan mentaati hukum, norma masyarakat serta peraturan perusahaan untuk menjaga kepercayaan customer sebagai aset yang berharga bagi perusahaan dengan cara menerapkan pada diri sendiri untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar dari hal-hal tersebut di atas, memerintahkan ke bawahan untuk tidak melakukannya dan juga melakukan pengawasan agar pelanggaran tersebut tidak dilakukan oleh direktur dan karyawan lain.

(Kutipan dari Standar Etika PT Pakarti Riken Indonesia )

I. Hubungan Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

(1) Kontribusi ke masyarakat

(2) Pemeliharaan lingkungan bumi

(3) Pemeliharaan Keamanan dan Penjaminan Kualitas

II. Penghargaan Hak Asasi Manusia dan Pencegahan Perlakuan Diskriminasi

(1) Tidak diperkenankan untuk melakukan, membiarkan atau membantu tindakan yang melanggar hak asasi manusia dengan melakukan semua perlakuan diskriminasi, pelecehan, fitnah, olok-olok atas dasar ras, kepercayaan, kewarganegaraan, jenis kelamin, daerah asal, agama, bentuk fisik, bahasa, dsb.

(2) Semua direktur dan karyawan dilarang menoleransi pelecehan seksual, perlakuan atau ucapan tidak senonoh, gambar merangsang, perlakuan yang tidak menyenangkan, dsb yang menjadikan lingkungan kerja menjadi tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan perasaan tidak nyaman.

III. Hubungan Dengan Pihak Customer/supplier

(1) Pematuhan Hukum dan Peraturan Lain Yang Berkaitan

(2) Berhubungan Secara Fair dan Jujur

(3) Tentang Penerimaan dan Pemberian Hadiah

      Untuk menjaga hubungan bisnis yang jujur dengan customer/supplier dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan:

      3.1)    Tidak Diperbolehkan Menerima Hadiah atau keuntungan baik yang berupa materi             maupun non materi baik secara langsung maupun tidak langsung, Tanpa Syarat.         

3.2) Tidak diperbolehkan mengikuti perjamuan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan customer/supplier yang bisa memberikan pengaruh terhadap keputusan transaksi bisnis serta tidak diperbolehkan saling memberi uang atau barang. Dilarang menerima pemberian yang nilai uangnya tidak lazim bagi kebanyakan masyarakat walaupun pemberian tersebut diberikan atas dasar kebaikan dari customer/supplier.

IV. Penanganan Untuk Hal Yang Tidak Diinginkan

(1) Kami, dengan tegas menolak permintaan yang melanggar norma masyarakat baik dari individu, organisasi maupun dari pihak-pihak yang berpengaruh/punya kekuasaan yang memberikan pengaruh buruk bagi kedamaian masyarakat dan kegiatan operasional yang sehat. Jika diperlukan, hal tersebut akan diumumkan ke pihak yang berwenang.

(2) Penanganan tindakan illegal atau kejahatan berupa penipuan atau pemerasan yang berhubungan dengan kegiatan operasional dengan mengatas-namakan diri sendiri harus dihindari. Masalah tersebut harus dihadapi dengan sikap tegas dan harus mendudukkan diri sebagai perwakilan perusahaan.

 

 

Copyright RIKEN 2007.