History
Company Profile
Company Mission
Top Management
Our Policy
 

Our Policy



* KEBIJAKAN KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA, LINGKUNGAN DAN MUTU (K3LM)
Sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan, manajemen serta seluruh jajaran organisasi PT PAKARTI RIKEN INDONESIA, menyadari bahwa keselamatan & kesehatan kerja, pemeliharaan lingkungan bumi dan kepuasan pihak berkepentingan merupakan masalah penting dalam melaksanakan kegiatan operasional perusahaan. Untuk merealisasikan kebijakan ini, PT PAKARTI RIKEN INDONESIA akan menerapkan standar yang tinggi dalam melaksanakan hal-hal sebagai berikut.


1. Mencegah terjadinya kecelakaan, kebakaran & penyakit akibat kerja, pencemaran lingkungan, keluhan pelanggan dan pihak-pihak berkepentingan lainnya, dengan terus menerus mengendalikan risiko K3LM operasional perusahaan, serta mentaati peraturan perundangan yang berlaku


2. Memasukkan aspek K3LM, efisiensi dan efektifitas proses produksi, sejak tahap perencanaan pengembangan peralatan & proses, untuk menjamin keselamatan & kesehatan kerja, kelestarian lingkungan dan kepuasan pelanggan.


3. Untuk meningkatkan daya saing, perusahaan perlu membangun budaya K3, peningkatan keterampilan dan keahlian seluruh jajaran organisasi dengan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia.


4. Mengingat terjadinya kecelakaan fatal masa lalu terkait dengan mesin, maka perusahaan memprioritaskan untuk mengurangi risiko bahaya Fatal dan STOP 6.;


5. Berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran K3LM kepada kontraktor, supplier, dan masyarakat sekitar untuk menjaga hubungan yang harmonis.


6. Membuat kebijakan khusus sesuai dengan perubahan kondisi perusahaan, regional, nasional dan global yang dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis perusahaan.


Kebijakan K3LM ini dibuat agar dapat digunakan dalam menyusun program K3 di tingkat yang relevan mulai dari divisi sampai dengan operation. Pemutahiran kebijakan terhadap issue pemerintah, internal dan eksternal dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 kali dalam setahun.

* STANDAR ETIKA PT. PAKARTI RIKEN INDONESIA

Prakata

Tujuan utama perusahaan selain untuk menyediakan produk dengan kualitas tinggi, juga berusaha untuk menghilangkan tindakan penyalahgunaan atau kecurangan dan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) dari kegiatan operasional sehari-hari, berkontribusi untuk membuat lingkungan yang aman dan bersih, serta menjadi perusahaan terbuka yang mempunyai transparansi tinggi.

Semua Direktur dan karyawan di perusahaan sebagai bagian dari perusahaan, harus memahami tugas terpentingnya yaitu berusaha untuk mencegah terjadinya skandal, penutupan/penyembunyian claim dan lain-lain, menghormati dan mentaati hukum, norma masyarakat serta peraturan perusahaan untuk menjaga kepercayaan customer sebagai aset yang berharga bagi perusahaan dengan cara menerapkan pada diri sendiri untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar dari hal-hal tersebut di atas, memerintahkan ke bawahan untuk tidak melakukannya dan juga melakukan pengawasan agar pelanggaran tersebut tidak dilakukan oleh direktur dan karyawan lain.

(Kutipan dari Standar Etika PT Pakarti Riken Indonesia )

I. Hubungan Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

(1) Kontribusi ke masyarakat

(2) Pemeliharaan lingkungan bumi

(3) Pemeliharaan Keamanan dan Penjaminan Kualitas

II. Penghargaan Hak Asasi Manusia dan Pencegahan Perlakuan Diskriminasi

(1) Tidak diperkenankan untuk melakukan, membiarkan atau membantu tindakan yang melanggar hak asasi manusia dengan melakukan semua perlakuan diskriminasi, pelecehan, fitnah, olok-olok atas dasar ras, kepercayaan, kewarganegaraan, jenis kelamin, daerah asal, agama, bentuk fisik, bahasa, dsb.

(2) Semua direktur dan karyawan dilarang menoleransi pelecehan seksual, perlakuan atau ucapan tidak senonoh, gambar merangsang, perlakuan yang tidak menyenangkan, dsb yang menjadikan lingkungan kerja menjadi tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan perasaan tidak nyaman.

III. Hubungan Dengan Pihak Customer/supplier

(1) Pematuhan Hukum dan Peraturan Lain Yang Berkaitan

(2) Berhubungan Secara Fair dan Jujur

(3) Tentang Penerimaan dan Pemberian Hadiah

      Untuk menjaga hubungan bisnis yang jujur dengan customer/supplier dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan:

      3.1)    Tidak Diperbolehkan Menerima Hadiah atau keuntungan baik yang berupa materi             maupun non materi baik secara langsung maupun tidak langsung, Tanpa Syarat.         

3.2) Tidak diperbolehkan mengikuti perjamuan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan customer/supplier yang bisa memberikan pengaruh terhadap keputusan transaksi bisnis serta tidak diperbolehkan saling memberi uang atau barang. Dilarang menerima pemberian yang nilai uangnya tidak lazim bagi kebanyakan masyarakat walaupun pemberian tersebut diberikan atas dasar kebaikan dari customer/supplier.

IV. Penanganan Untuk Hal Yang Tidak Diinginkan

(1) Kami, dengan tegas menolak permintaan yang melanggar norma masyarakat baik dari individu, organisasi maupun dari pihak-pihak yang berpengaruh/punya kekuasaan yang memberikan pengaruh buruk bagi kedamaian masyarakat dan kegiatan operasional yang sehat. Jika diperlukan, hal tersebut akan diumumkan ke pihak yang berwenang.

(2) Penanganan tindakan illegal atau kejahatan berupa penipuan atau pemerasan yang berhubungan dengan kegiatan operasional dengan mengatas-namakan diri sendiri harus dihindari. Masalah tersebut harus dihadapi dengan sikap tegas dan harus mendudukkan diri sebagai perwakilan perusahaan.

 

 

Copyright RIKEN 2007 ~ 2021